Search
  • Shabika AmanyP

Cara Mengurus IMB Online dengan Cepat, Mudah & Tanpa Antri


Di setiap negara pasti mempunyai peraturan masing-masing dalam mendirikan sebuah bangunan. Bila terbukti melanggar hukum maka akan mendapatkan denda yang cukup mahal. Seperti membangun rumah, berkas yang dibutuhkan harus lengkap dan legal. Selain Sertifikat Hak Milik ada dokumen lain yang sama kuatnya secara hukum, bila anda tidak memilikinya, bangunan rumah atau kios bisa sewaktu-waktu dibongkar pasang dengan paksa. Berkas apa itu? IMB (Izin Mendirikan Bangunan), berdasarkan Undang-Undang No. 34 tahun 2001.

Perlu masyarakat ketahui sebelumnya bahwa sekarang cara mengurus IMB online sudah bisa. Jadi tidak perlu bersusah payah harus mengantre. Namun kekurangannya masih belum meratanya informasi tersebut.

Sebenarnya seberapa penting dokumen itu?

IMB merupakan dokumen legal yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik untuk membangun, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat sesuai dengan prosedur berlaku yang sifatnya kuat. Dalam berkas tercantum beberapa data mulai dari peruntukan, jumlah lantai, dan lampira teknis lainnya. Semakin rumitnya suatu gedung maka perhitungan pemberian IMB akan semakin banyak.

Cara Mengurus IMB Online

Mangkraknya suatu proyek bisa jadi disebabkan pengembang tidak mempunyai izin pembangunan, sehingga seringkali ditemukan tulisan “Di Segel”. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Transformasi Kebijakan Publik, negara Indonesia terkenal dengan rumitnya dalam hal perizinan (3 bulan) masih kalah dengan Vietnam (1 bulan). Tidak mau ketinggalan dengan Vietnam, pemerintah juga mempersiapkan sistem pembuatan IMB online untuk mengurangi praktek percaloan. Pemohon mengisi data yang dibutuhkan lewat online tanpa harus mengunjungi kantor kecamatan atau kantor Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (DPPB).

Sistem ini nanti akan terintegrasi dengan instansi lain. Proses pengurusan IMB online akan terhubung dengan Dinas dan Suku Dinas PBB hingga tingkat kecamatan. Karena awamnya masyarakat mengenai pengajuan secara online, maka cara manual masih menjadi andalan mereka. Dengan mendatangi kantor, membawa seluruh kelengkapan dokumen dan mengisi formulir. Renovasi pun juga membutuhkan izin membangun seperti memperluas rumah atau merancang bangunan baru dan mengubah tapak rumah.

Tetapi tidak semua aktivitas renovasi harus berizin contohnya pekerjaan memelihara, dan merawat gedung (mengecat ulang dinding / atap memperbaiki atap bocor). Rumah yang sudah berdiri lama selama puluhan tahun namun belum mempunyai izin, sebaiknya pemilik harus segara mengurusnya.

Berikut adalah cara mengurus IMB Online, antara lain:

1. Kunjungi website http://dppb.jakarta.go.id/ atau https://dpmptsp.bandung.go.id

2. Daftarkan diri Anda di website tersebut, kemudian login dengan akun yang sudah terdaftar

3. Pilih antara menu IMB rumah tinggal atau rumah non-tinggal, lalu masukkan lampiran data berupa bangunan

4. Scan dokumen yang dibutuhkan dengan jelas lalu unggah dan kirim, pengisian data harus lengkap agar permohonan tidak ditolak atau reject

5. Langkah terakhir, bayarlah retribusi ke Bank sesuai daerah masing-masing. Bukti bayar bisa di scan lalu unggah ke website

Kelengkapan persyaratan dokumen:

1. Formulir Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (PIMB) secara lengkap dan dibubuhi tandatangan

2. Fotokopi KTP pemilik tanah atau pengaju

3. Fotokopi NPWP

4. Fotokopi surat kepemilikan tanah dari BPN yang sudah dilegalisasi notaris atau kartu kavling dari PEMDA atau Pemerintah Pusat

5. Fotokopi surat tagihan dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan

6. Ketetapan Rencana Kota (KRK) sebanyak 7 lembar dari PTSP

7. Rencana Tata Letak Bangunan (RTLB) sebanyak 5 lembar

8. Fotokopi SIPPT dari Gubernur bila luas tanah 5.000 meter persegi atau lebih

9. Gambar rencana arsitektur (khusus zonasi R.5 tumah besar / R.9 rumah KDB rendah)

10. Bila lokasi terletak pada bangunan golongan pemugaran A, B, C. Maka TPAK untuk perencanaan arsitektur bisa direkomendasikan

11. Perhitungan dan gambar rencana konstruksi yang ditandatangani pemilik IPTB

12. Salah satu keunggulan cara mengurus IMB online adalah tidak perlu antre panjang dari pagi sampai sore hari mengenai biaya kepengurusan tiap wilayah berbeda-beda.

Jangka Waktu Pemrosesan IMB

Diterbitkan oleh Kepala Seksi satlak kecamatan setempat, berdasarkan Peraturan Gubernur No. 129 Tahun 2012 menentukan bahwa penyelesaian IMB Rumah Tinggal kurang lebih 20 hari kerja.

Setelah selesai, anda akan diinfokan melalui pesan singkat atau telepon. Saat pengambilan harap membawa bukti pembayaran retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan dengan surat kuasa (bila orang lain yang ambil).

Sanksi Bangunan yang Tidak Mempunyai Izin

Beratnya sanksi yang diberikan kepada pemilik rumah atau gedung yang mempunyai perizinan legal mulai dari sanksi administratif, pemberhentian pembangunan atau renovasi sementara sampai mempunyai IMB.

Pembongkaran rumah akan dilakukan untuk mereka yang tidak mempunyai izin, padahal dibalik semua itu banyak sekali keuntungan dari kepemilikan dokumen tersebut.

Pasal 115 ayat 1 PP 36/2005 (sanksi administratif),

Pasal 115 ayat 2 PP 36/2005 (sanksi pembongkaran),

Pasal 45 ayat 2 UUBG (sanksi berupa denda 10% dari nilai bangunan yang sudah berdiri)

Keuntungan Mempunyai IMB

· Memudahkan anda mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum, pastikan tidak mengganggu dan merugikan kepentingan orang lain.

Sehingga kalau terjadi sesuatu, negara akan memberikan proteksi terhadap rumah yang dibangun (aman).

· Jika anda ingin menjual rumah, calon pembeli tentu menanyakan kepemilikan IMB. Bila ingin menaikkan harga rumah juga tidak masalah karena semua berkas lengkap.

Tidak punya waktu? Belum paham cara mengurus IMB Online? Ingin meminta bantuan orang lain tapi takut tertipu? Mudah, berikan saja surat kuasa kepada orang terdekat dan terpercaya.

Tapi anda tetap harus memantau agar tidak disalahgunakan. Hindari meminta tolong calo karena menganggap pemrosesannya lebih cepat.

Lebih bagus memang anda mengurus sendiri karena lebih transparan mulai dari proses di PPAT , biaya dan lain sebagainya.

Sudah tahukah anda mengenai single submission?

Single submission adalah sistem perizinan mulai dari tingkat pusat sampai daerah yang tergabung menjadi satu kesatuan dan saling mendukung.

“Bukannya sudah ada PTSP?” Berbeda, selama ini yang kita tahu PTSP pasti terintegrasi, namun tidak demikian.

Tak luput kami juga memaparkan kekurangan dari cara mengurus IMB online, apa saja itu?

· Masyarakat yang terdiri dari latar belakang pendidikan beda sehingga dalam hal penyampaian informasi terkait teknologi harus tepat.

· Jaringan internet yang masih belum tersebar ke daerah pelosok-pelosok daerah.

Para konsumen yang mau membeli properti dimanapun harus berhati-hati karena tidak sedikit orang terperdaya dengan harga dibawah pasaran dan ternyata lokasi tersebut ilegal.

Ada sebuah aplikasi yang mengurus dokumen perizinan secara online namanya JAKEVO, dampak positif dari kemajuan teknologi membuat warga Jakarta menghemat waktu pengajuan.

Diperkirakan kurang dari 3 jam penerbitan izin sudah bisa keluar, semoga di tahun ini IMB online sudah menjadi standar wajib penerbitan.

Bila mengalami kendala dalam mengupload berkas pemohon bisa mendatangi kantor UP.PTSP Kecamatan/Kelurahan terdekat terdekat.

Bapak Eddy selaku Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, pernah mengimbau agar seluruh pemilik bangunan, gedung atau properti lainnya di Jakarta bisa memanfaatkan layanan ini dan mengikuti prosedur.

Beliau juga mengajak seluruh warga IbuKota untuk memanfaatkan fasilitas ini demi perubahan lebih baik lagi dan semoga pengajuan online ini bisa merambah perizinan yang diperuntukkan gudang.

Bila artikel mengenai cara mengurus IMB online bermanfaat untuk para pembaca, bisa silahkan share kepada keluarga, sahabat atau rekan kerja.

Sedang cari properti yang pas? Hubungi https://www.perizinanjakarta.com/ sekarang juga ya.

.

.

.

.

.

.

.

Sumber: https://www.inafina.id/cara-mengurus-imb-online/

0 views

© 2020  PT. Tata Amalia Jaya

icon wa 2.png

082112124452

follow us :

  • LinkedIn Social Icon
  • YouTube
  • Instagram
  • Logo FB